Makanan Khas Padang – Khas Sumatera Barat

Salah satu hidangan khas Indonesia yang dinyatakan sebagai makanan terenak di dunia yaitu rendang. Masakan dengan rasa rempah yang begitu kuat satu ini berasal dari daerah Sumatera Barat, Indonesia.

Di samping rendang, ternyata makanan khas Padang Sumatera Barat begitu banyak ragamnya. Dijamin lamak bana atau sangat enak, berikut beberapa daftarnya.

1. Rendang Paru

Seperti yang diketahui oleh hampir semua orang di Indonesia, bahwa rendang merupakan salah satu masakan khas dari daerah Sumatera Barat.

Anda tentu sudah biasa menemukan rendang daging di berbagai rumah makanan Padang. Lalu, bagaimana dengan rendang paru? Tentu sebagian dari Anda belum mencoba makanan lezat satu itu.

Rendang paru menggunakan bumbu rendang pada umumnya, namun penggunaan santannya 1,5 lebih banyak bila dibandingkan dengan rendang biasa.

Selain itu bahan yang digunakan yaitu paru paru sapi, sehingga teksturnya sedikit lebih keras dan warnanya lebih kecoklatan.

Menu satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan rendang dengan sensasi berbeda.

2. Sate Padang

Siapa yang tidak kenal dengan sate padang. Rasanya menu sate dengan dominan rasa manis serta terdapat aroma khas pemanggangan ini, sudah menjadi ikon makanan khas dari daerah Padang Sumatera Barat.

Umumnya sate padang menggunakan daging serta lidah sapi sebagai bahan utamanya, yang kemudian ditambah berbagai bumbu.

Selain daging serta lidah sapi, banyak juga yang memanfaatkan jeroan seperti paru, usus, maupun jantung sebagai bahan pembuat sate tersebut.

Para pedagang yang menjajakan sate padang biasanya akan menyajikan menu ini dengan tambahan irisan ketupat, yang tertutup oleh bumbu kuah. Tentunya Anda juga bisa memilih nasi hangat, sebagai pendamping sate.

Baca Juga:

Nasi Goreng dan Sate Jadi Favorit Orang Prancis

3. Sate Lokan

Makanan khas Sumatera Barat berikutnya yaitu sate lokan. Apabila sate padang terbuat dari bahan daging sapi, maka berbeda dengan menu sate satu ini.

Sate lokan memanfaatkan kerang hijau sebagai bahan dasar. Masakan ini biasanya sangat mudah ditemukan di daerah pesisir, seperti Pesisir Selatan, Padang, dan juga Pariaman.

Pada sate lokan, kerang biasanya akan melewati proses perebusan terlebih dahulu baru kemudian ditusuk tusuk dan dibakar hingga kecoklatan.

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat bumbu dari sate tersebut di antaranya tepung beras, jintan, kunyit, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, ketumbar, dan merica.

4. Nasi Kapau

Nasi kapau bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan nasi padang, yang sudah begitu terkenal dan sangat mudah dijumpai. Yang menjadi pembeda antara nasi padang dengan menu kuliner khas daerah Bukittinggi ini, yaitu pada cara penyajiannya.

Karena umumnya lauk pauk dari nasi kapau akan langsung dipajang di atas meja.Untuk lauknya sendiri, ada juga salah satu hidangan yang cukup berbeda dengan nasi padang dari segi rasa.

Hidangan ini yaitu gulai kapau, yang terbuat dari nangka, kol, dan juga kacang panjang. Gulai kapau ini memiliki rasa sedikit asam dengan kuah berwarna kuning. Sementara untuk lauk lauk lainnya, tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada nasi padang.

5. Ayam Pop

Ayam pop merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat yang tentunya sudah sering kali Anda dengar, karena menjadi salah satu Andalan di berbagai restoran Padang.

Bahan bakunya yaitu ayam kampung, yang kemudian diberi bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, jeruk nipis, garam, dan juga tambahan air kelapa.

6. Gulai Paku

Sesuai dengan namanya, menu unik satu ini memanfaatkan tumbuhan paku atau pakis sebagai bahan utamanya. Dalam hal ini, yang menjadi pilihan yaitu tanaman paku muda dengan jenis seperti bracken, semanggi, dan ostrich fern.

Biasanya menu gulai ini akan disajikan bersama dengan tambahan ikan teri, ikan asin jambal, dan udang.

7. Gulai Gajebo

Kuliner khas Sumatera Barat memang banyak terdiri dari gulai, salah satunya yang juga sangat lezat yaitu gulai gajebo.

Hidangan satu ini mempunyai kuah layaknya gulai pada umumnya, dan menggunakan berbagai potongan daging berlemak. Bedanya pada gajebo tidak menggunakan santan dalam pembuatan kuahnya.

Baca Juga:

Resep Ayam Bakar Padang Tanpa Santan

8. Soto Padang

Soto padang juga menjadi salah satu masakan khas Sumbar yang sudah begitu terkenal di seantero negeri. Soto sendiri memang salah satu masakan dari Indonesia yang ada di berbagai daerah.

Perbedaan soto padang dengan soto lain, yaitu daging sapi yang digunakan mula mula digoreng kering baru kemudian dipotong kecil kecil (biasa disebut dendeng).

9. Nasi Sala

Nasi sala adalah hidangan yang berasal dari daerah Pariaman. Makanan khas Sumatera Barat satu ini berupa nasi dengan lauk ikan, mengingat bahwa Pariaman sendiri merupakan kawasan pantai.

Tidak heran jika makanan khasnya juga tidak jauh jauh dari hasil laut. Biasanya seporsi nasi sala akan dibungkung menggunakan daun pisang, berisi nasi ikan kembung dan sambal.

10. Dendeng Balado

Dendeng merupakan masakan berupa daging sapi, yang telah dikeringkan. Mula mula daging sapi akan dipotong kecil kecil kemudian dikeringkan, lalu selanjutnya diberi bumbu balado.

Karena sudah dikeringkan, makanan satu ini terbilang cukup kuat dan dapat bertahan berhari hari. Oleh karena itu, tidak jarang para wisatawan menjadikannya sebagai oleh oleh.

11. Kalio

Mungkin nama kalio belum terlalu familiar bagi sebagian orang. Padahal mungkin menu satu ini sudah cukup sering Anda jumpai. Kalio sendiri merupakan rendang setengah jadi, karena waktu masaknya jauh lebih singkat.

Memiliki sedikit perbedaan dari rendang biasa, yaitu pada tekstur dan warnanya. Kalio ini memiliki tekstur yang empuk dan basah dengan warna coklat.

12. Asem Padeh Daging

Makanan khas Sumatera Barat berikutnya yaitu asem padeh daging, yang biasanya banyak disajikan dalam acara adat seperti pernikahan.

Meski umumnya menggunakan bahan daging sapi, namun ada juga yang membuat menu ini dengan menggunakan ikan atau daging ayam.

Masakan dengan rasa asam dan pedas ini bila dilihat secara sekilas akan terlihat seperti rendang.

13. Martabak Kubang

Martabak satu ini diberi nama sesuai dengan daerah asalnya yaitu Nagari Kubang. Isi dari martabak kubang yaitu rendang atau daging sapi cacah, kemudian diberi tambahan daun bawang.

Ukurannya bisa dibilang jauh lebih besar bila dibandingkan martabak pada umumnya, selain itu menu ini juga disajikan bersama kuah dengan rasa manis asam pedas.

14. Gulai Itiak Lado Mudo

Satu lagi gulai yang diolah tanpa menggunakan santan yaitu gulai itiak lado mudo. Masakan satu ini merupakan gulai yang terbuat dari daging bebek muda, kemudian diberi tambahan cacahan cabai hijau.

Karena menggunakan daging bebek muda, Anda akan mendapatkan tekstur daging yang lebih empuk.

15. Gulai Banak

Dari segi bumbunya, gulai banak yang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat ini memang tidak jauh berbeda dengan gulai pada umumnya.

Namun jika biasanya gulai menggunakan daging sapi atau ayam, maka gulai banak memilih menggunakan bahan dari otak sapi. Sehingga memberikan tekstur yang lembut dan juga lezat.

Sebagai dataran yang memiliki salah satu makanan terenak di dunia, tidak heran jika Sumatera Barat juga mempunyai berbagai menu Andalan lezat lainnya yang begitu khas.

Sebenarnya selain menu menu masakan berat di atas, daerah Sumbar juga menyimpan banyak sekali camilan khas yang juga wajib untuk Anda cicipi.

    Exit mobile version