8 Tips Liburan Keluarga ke Luar Negeri yang Bebas Stres, Patut dicoba!

Pernahkah kalian mengalami liburan keluarga ke luar negeri dan terasa gagal? Bingung mencari jalan di sekitar tempat yang tak dikenal, masuk ke kamar hotel yang kecil dan tidak nyaman, serta menunggu antrean panjang makanan yang ternyata tak enak dan harganya mahal. Hal ini diperburuk lagi saat anak-anak mulai rewel memperebutkan hal-hal kecil.

baca juga : 9 Pesona Lorin Solo Hotel, Perpaduan Suasana Etnik dan Alam yang Asri

Bukannya tenang menikmati quality time bersama, yang terjadi malah stres selama liburan. Namun, inilah realita yang dihadapi banyak keluarga saat berlibur pertama kalinya. Liburan bisa menjadi mimpi buruk jika tidak direncanakan dengan matang. Tak hanya itu, strategi yang kurang tepat dalam mengatur pengeluaran selama liburan dapat membuat kantongmu tak aman.

Namun, kalian tak harus mengalami ini lagi untuk yang kedua kalinya, ya! Di bawah ini ada delapan tips liburan keluarga yang bebas stres dan aman di kantong. Tentunya akan membantu membuat perjalanan liburan kalian lebih menyenangkan.

1. Melakukan perencanaan yang matang

Kunci liburan keluarga yang sukses terletak pada perencanaan yang matang. Pikirkan tentang kapan dan ke mana kalian akan berlibur, aktivitas apa yang ingin kalian lakukan, dan berapa biaya yang akan dikeluarkan. Teliti kembali pada tujuan tempat liburanmu, cari tahu atraksi dan aktivitas yang tersedia, dan tetapkan anggaran yang realistis.

Tak kalah pentingnya, kalian harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan, seperti paspor dan visa. Pastikan untuk mengatur ini sebelumnya untuk menghindari masalah saat hari keberangkatan. Jika perjalanan kalian dirasa masih belum pasti, kalian dapat mengatur rencana perjalanan yang fleksibel untuk mengantisipasi situasi yang tak terduga.

2. Memilih beberapa alternatif penginapan yang nyaman

Di luar negeri, kabin bisa menjadi penginapan alternatif baru dalam perjalanan liburan keluarga. Fasilitasnya sudah lengkap dan dapat menampung keluarga kecil hingga rombongan besar. Kabin juga menawarkan semua keuntungan menginap di hotel berbintang, tapi dengan lebih banyak kenyamanan dan privasi.

Penyewaan kabin biasanya sudah mencakup fasilitas seperti dapur kecil, hot tub pribadi, perapian, dan fitur lain yang membuat masa menginap kalian lebih menyenangkan dan pastinya lebih murah daripada hotel berbintang.

3. Berkemaslah dengan cerdas dan atur posisi barang dengan rapi

Mungkin kamu akan tergoda untuk membawa seluruh isi rumah saat berlibur. Namun, berkemaslah dengan cerdas dan atur posisi barang agar tak memakan banyak ruang dalam kopermu. Ini termasuk pakaian, perlengkapan mandi, makanan ringan, barang anak-anak, dan barang-barang penting lainnya.

Jika perlu, kamu bisa gunakan koper terpisah untuk setiap anggota keluarga. Beri label pada masing-masing koper untuk memudahkan identifikasi. Ini akan membantumu membongkar barang ketika mencapai tujuan.

4. Membawa perlengkapan darurat

Perlengkapan first aid sebaiknya disiapkan sebaik mungkin bagi kalian yang akan berlibur yang jauh, sebab tak ada yang bisa menjamin apakah dalam keadaan sehat ketika perjalanan bersama keluarga kalian. Pastikan membawa first aid ukuran kecil yang dilengkapi obat-obatan ringan seperti demam, obat batuk dan flu, masuk angin, obat luka, perban dan sejenisnya.

Memiliki persediaan yang tepat dalam perlengkapan darurat perjalanan kalian dapat membantu mencegah banyak kesusahan dan ketidaknyamanan. Kalian akan lebih siap menghadapi keadaan darurat atau situasi apapun yang mungkin terjadi saat bepergian.

5. Perbanyak quality time bersama keluarga dan batasi penggunaan teknologi

Liburan menjadi waktu yang tepat untuk menghilangkan penat dan benar-benar melepaskan diri sejenak dari segala rutinitas yang menyibukkan. Cobalah untuk membatasi diri untuk memikirkan kerjaan kalian. Namun, kalian tetap bisa berhubungan dengan keluarga dan teman terdekat.

Jika anakmu terbiasa menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar HO, tak ada salahnya untuk mengatur aktivitas kreatif seperti bermain menyelesaikan teka-teki atau membuat karya seni dan kerajinan. Siapkan rutinitas harian baru untuk keluarga kalian. Perbanyak waktu untuk relaksasi dan aktivitas yang lebih bermakna daripada sekadar menelusuri dunia internet.

6. Menikmati wisata alam dan budaya lokal

Manfaatkanlah alam bebas dan jelajahi beberapa wisata alam yang memiliki pemandangan indah. Kalian bisa mengunjungi taman atau pantai setempat dan nikmati udara segar sambil berolahraga, berjalan kaki, bersepeda, atau sekadar bersantai di bawah sinar matahari.

Kalian juga bisa mengenal budaya lokal dengan mengunjungi museum, galeri, dan atraksi budaya lainnya. Berinteraksi dengan penduduk setempat dan pelajari tentang sejarah, seni, musik, dan tradisi mereka. Ini akan membuat liburan kalian semakin spesial dan berkesan.

7. Jangan terlalu memaksakan diri

Kalian mungkin ingin menghabiskan setiap menit waktu liburan bersama keluarga. Tapi ini dapat menyebabkan stres dan kelelahan. Jadi, pastikan untuk memperhitungkan waktu istirahat dimana kalian bisa beristirahat dan bersantai sejenak.

Jangan merasa bersalah untuk setiap waktu istirahat yang kalian gunakan. Lagi pula, saat sedang berlibur pun perlu melakukan istirahat dan memulihkan tenaga untuk kegiatan di hari berikutnya.

8. Persiapkan makanan ringan untuk setiap perjalanan

Makanan ringan adalah penyelamat hidup disaat kelaparan, sebab tak hanya meningkatkan energi juga merubah suasana hati menjadi lebih baik. Untuk setiap rute perjalanan kalian selalu ingat untuk membawa beberapa makanan ringan. Ini bukan hanya cara yang bagus untuk menghemat uang, tetapi juga menyediakan nutrisi yang optimal dari makanan.

Pilih alternatif camilan sehat, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan, daripada camilan olahan. Roti sandwich bisa menjadi pilihan bagus yang menyeimbangkan karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Juga, siapkan sebotol air untuk menjaga dirimu dan keluarga tetap terhidrasi selama perjalanan.

Liburan keluarga seharusnya menjadi waktu bagi semua orang untuk bersantai, menciptakan kenangan bersama, dan menikmati momen kedekatan satu sama lain. Bukan pengalaman yang menegangkan dan membuat stres.

Mulailah atur perencanaan kalian dengan baik. Dengan menerapkan delapan tips ini, kalian dapat memastikan liburan keluarga berikutnya menjadi kenangan yang tak terlupakan. Jadi, sudah siapkah kalian pergi berlibur ke destinasi selanjutnya?

    Exit mobile version