Resep Petis Tempe Khas Bumiayu, Santap dengan Opak, yuk!

Petis tempe adalah salah satu satu camilan khas Bumiayu yang melegenda. Terbuat dari campuran tempe dan bahan sambal lainnya, bumbu petis ini menjadi primadona camilan renyah.

Biasanya, resep petis tempe ini disajikan dengan opak atau pun kerupuk. Mungkin, sekilas mirip dengan sajian kerupuk banjur dari Bandung yang terbuat dari oncom.

Jika kamu belum pernah mencoba resep petis tempe, cobalah praktikkan sendiri resepnya di bawah ini. Selamat mencoba, ya!

baca juga : Resep Sala Lauak Khas Padang, Renyah dan Bikin Nagih!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Bahan:

  1. 1 papan tempe
  2. 4 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 2 batang serai
  5. 1 ruas jari lengkuas
  6. 2 lembar daun salam
  7. 1 1/2 sendok teh garam
  8. 10 gram gula merah
  9. 100 ml minyak goreng
  10. 10 buah cabai rawit merah
  11. 5 buah cabai merah keriting
  12. Air secukupnya

2. Haluskan tempe terlebih dahulu

Rebuslah tempe selama 5 menit hingga airnya mendidih dan tempe pun lebih empuk. Setelah 5 menit berlalu, langsung saja angkat dan tiriskan.

Lalu, haluskan menggunakan cobek hingga lembut dengan menyisikan sebagian tempe dengan tekstur kasar. Sekarang, tempe sudah bisa diolah menjadi bahan utama bumbu petis.

3. Tak tertinggal, haluskan juga bumbu pedasnya

Selain itu, rebuslah bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, dan cabai merah keriting hingga layu. Jika sudah terlihat layu, segera angkat dan tiriskan.

Lalu, haluskan bahan-bahan ini hingga lembut. Sisakan sebagian cabai rawit merah agar tampilan akhir lebih cantik dan pastinya menggoda selera. Bisa dijadikan bahan kejutan rasa pedas gila, nih!

4. Nah, sekarang saatnya membuat petis tempe

Gepreklah serai dan lengkuas hingga gepeng. Lalu, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Jika sudah panas, masukkan bumbu pedas yang sebelumnya sudah dihaluskan.

Tumislah bumbu ini hingga tanak serta tercium wangi. Lalu, tambahkan juga serai, lengkuas, dan daun salam. Masaklah sebentar hingga tercium wangi yang khas.

Kemudian, masukkan 200 ml air dan biarkan sejenak hingga mendidih. Sambil menunggu, sisir halus gula merah hingga lembut. Setelah airnya mendidih, baru masukkan tempe dan sisa bahan lainnya. Masak hingga airnya menyusut dan hanya menyisakan minyak, ya!

5. Petis tempe siap disajikan, nih!

Jika airnya sudah menyusut dan seluruh teksturnya mengental, koreksi dulu rasa petis ini barangkali masih kurang bumbu. Kamu masih bisa menambahkan bumbu sesuai selera.

Namun jika sudah pas, segera matikan kompor dan pindahkan ke mangkuk saji. Akhirnya, petis tempe sudah siap disajikan.

Jangan lupa siapkan opak atau kerupuk sebagai camilan utama. Sajian resep petis tempe ini cocok dijadikan menu nongkrong asyik bersama keluarga di rumah. Cobain, deh!

    Exit mobile version