Rekomendasi Makanan Khas Bogor Yang Harus Kamu Coba

Makanan khas Bogor pasti banyak dicari. Apalagi banyak orang, lebih-lebih berasal dari pelancong Ibu Kota yang menentukan untuk menghabiskan waktu berlibur di Bogor. Nampaknya banyak orang yang menyatakan asinan Bogor sebagai kuliner tenar di kota ini. Namun, ada makanan khas Bogor lain yang patut dicoba lho, guys!

Tak hanya hidangan asin, Bogor mempunyai kuliner bersama cita rasa yang beragam dan pasti saja lezat. Apalagi, untuk berkunjung ke sana pun juga mudah, Kalian dapat memanfaatkan angkutan lazim layaknya KRL.

Makanan Khas Bogor Terwajib

Oleh dikarenakan itu, seandainya kalian berencana pergi ke Bogor untuk berakhir pekan bersama keluarga, selanjutnya 7 rekomendasi makanan khas Bogor yang wajib kalian cobain, antara lain :

1. Laksa Bogor

Laksa Bogor jadi salah satu hidangan yang juga dikenal sebagai makanan khas Bogor. Laksa Bogor kerap dihidangkan di acara syukuran, pesta, atau acara kebudayaan. Sekilas nampak seperti soto, bersama isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, jelas kuning, dan telur rebus. Laksa Bogor memanfaatkan banyak rempah-rempah, dan juga kuah oncom untuk memberikan cita rasa yang khas.

Kalian juga dapat mendatangi Laksa Pak Inin yang berjualan sejak 1965, berlokasi di Jl. Palasari, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

2. Es Pala

Mungkin namanya jarang terdengar, tetapi es pala juga jadi kuliner Bogor yang bertahan sampai sementara ini. Kuliner segar ini mempunyai keunikan rasa, berasal dari asam khas pala, manis berasal dari gula dan segar berasal dari es yang ditambahkan di dalamnya.

Salah satu kuliner es pala yang dapat dicoba adalah es pala Pak Ujang. Berlokasi di Pasar Bogor, Kalian dapat nikmati es segar ini seharga Rp5.000 saja per gelas.

3. Toge Goreng

Kuliner yang satu ini pasti sudah tak asing ulang guys. Toge goreng merupakan kuliner yang menyajikan toge bersama langkah gurih dan segar. Seporsi toge ini dihidangkan bersama lontong, irisan tahu, lantas disiram bersama saus gurih berasal dari oncom.

Salah satu kuliner toge goreng yang dapat jadi saran adalah Toge Goreng Haji Omah, yang melegenda dan sampai sementara ini. Berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Bogor, Moms dapat dapatkan seporsinya bersama harga Rp15.000.

4. Ngo Hiang Gang Aut

Ngo Hiang Gang Aut merupakan makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri asalnya, Ngo Hiang gang aut berbahan basic daging babi. Tetapi, makanan ini sudah diubah kala masuk ke Indonesia. Olahan daging pada sajian ini dibalut bersama tepung dan digoreng, dicampur saus khas Ngo Hiang, yang memberikan rasa asam dan manis, ditambah acar lobak untuk tingkatkan cita rasa.

Jika berkunjung ke Bogor, jangan sampai kelewatan dan tidak coba makanan ini ya, guys!

5. Roti Unyil

Makanan khas Bogor yang tenar lainnya adalah roti unyil. Roti unyil juga merupakan salah satu kuliner yang kerap jadi oleh-oleh berasal dari Bogor. Roti unyil mempunyai wujud yang kecil, supaya cocok dijadikan kudapan sementara senggang. Roti unyil mempunyai banyak mengisi dan wujud yang unik, supaya tidak heran seandainya roti unyil tenar dan digemari oleh banyak masyarakat.

6. Mie Glosor

Makanan khas Bogor lainnya adalah mie glosor. Mie glosor umumnya dijadikan sebagai menu berbuka puasa untuk umat Muslim di kota Bogor. Mie ini kerap dihidangkan bersama sambal kacang, ditambah kerupuk mie, dan gorengan. Ciri khas mie glosor yakni mie yang berwarna kuning keemasan, dikarenakan memanfaatkan bahan basic berasal dari tepung singkong dan kunyit.

7. Cungkring Bogor

Selanjutnya ada makanan Cungkring Bogor. Dari namanya, apakah makanan ini dapat membuat kurus? Bukan, guys! Cungkring sendiri disita berasal dari nama bahan-bahan yang digunakan untuk makanan tradisional ini, yakni cungur (bibir) dan kaki garingan, makanya disebut ‘cungkring’.

Cungkring Bogor sendiri jadi salah satu makanan legendaris khas Bogor yang langka, lho! Meskipun langka, peminat makanan yang satu ini banyak banget. Orang-orang umumnya memakan cungkring sebagai sarapan di pagi hari. Dalam 1 porsi cungkring, anda dapat mendapatkan kulit, kikil, urat, dan dampal. Empat anggota yang sudah dipisahkan tadi, lantas diolah bersama langkah spesifik dan dihidangkan bersama memberikan kenikmatan tersendiri. Wajib coba, deh, pokoknya!

 

Kuliner setiap area di Indonesia sesungguhnya unik-unik, ya! Walaupun ada sebagian yang nama dan bentuknya mirip, tetapi selalu ada karakteristik unik berasal dari masing-masing makanan khas daerah. Kalau ke Bogor, jangan sampai kelewatan membuat icip makanan-makanan di atas ya!

    Exit mobile version