Pengertian Gerakan Pivot dalam Permainan Bola Basket dan Cara Melakukannya

JAKARTA – Pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket dan cara melakukannya menjadi informasi yang penting untuk diketahui para penggemar basket. Basket merupakan jenis olahraga bola besar yang dikenal memiliki banyak teknik dan strategi saat bermain.

Dalam permainan bola basket harus mengetahui istilah pivot. Pivot merupakan salah satu teknik dasar dalam olahraga basket. Meskipun terbilang dasar, pivot juga harus dilakukan dengan teknik yang benar.

Baca Juga : Contekan Menu Diet Sehat Setiap Hari

Pengertian Gerakan Pivot dalam Permainan Bola Basket

Pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket adalah gerakan memutar badan dengan satu kaki sebagai tumpuan pada saat setelah menerima operan bola dari teman satu tim. Gerakan ini biasa dilakukan para pemain untuk menguasai bola agar tidak mudah dicuri lawan.

Pivot dalam bola basket perlu dipahami dan dikuasai dengan baik karena pivot merupakan salah satu sumber foul. Gerakan pivot akan berakibat foul apabila langkah yang diambil terlalu banyak, jenis foul ini biasa dikenal foul travel.

Pemain yang melakukan pivot biasanya bertujuan untuk menguasai bola selain itu pivot juga bisa menjadi celah dalam sistem pertahanan tim lawan dan juga bisa menjadi trik untuk mengelabui pemain lawan.

Cara Melakukan Gerakan Pivot

  • Tentukan kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan dalam gerakan pivot.
  • Arahkan badan untuk memutar sesuai kebutuhan disesuaikan dengan kaki yang dijadikan tumpuan.
  • Kaki yang dijadikan tumpuan tidak boleh bergerak pada saat memutar badan.
  • Setelah selesai melakukan pivot, langsung membalikan badan ke posisi awal untuk melanjutkan permainan.
  • Demikian informasi mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket.
    Exit mobile version