Mau Bikin Kopi ala Starbucks di Rumah? Pahami Dulu Roasting dan Brewing Pada Kopi!

Jakarta – Ngopi bukan lagi kebutuhan sekunder, tapi sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebagian orang, khususnya pekerja kantoran. Bahkan, bisa dibilang, ngopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Tak jarang, Anda menemui beberapa orang yang jika tidak ngopi, tidak bisa bekerja bukan?

Ya, kopi sudah menjadi asupan sehari-hari. Bahkan, kopi menjadi obat penghilang rasa kantuk ketika kerja di siang hari atau lembur di malam hari. Untuk mendapatkan segelas kopi berkualitas, tidak jarang kafe menjadi pilihan utama banyak orang.

Tapi, sekarang Anda bisa menikmati kopi favorit ala kafe di rumah dengan mudah. Dan ternyata, membuat kopi ala kafe di rumah tidak sesulit yang dibayangkan lho. Mau tahu gimana caranya biar kopi bikinan sendiri makin enak? Anda harus simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu ya!

1. Pahami Level Roasting Kopi

Untuk menciptakan rasa kopi yang nikmat, Anda harus memahami level roasting kopi terlebih dahulu. Proses ini merupakan proses pemanggangan biji kopi yang bertujuan untuk mengeluarkan aroma dan rasa dalam biji kopi.

Terdapat empat level dalam proses roasting kopi. Level light roast, level medium roast, level dark roast, dan ketiganya memiliki taste notes yang berbeda.

Pada level light roast, buat Anda yang menyukai kopi dengan karakteristik yang lembut atau tidak cocok dengan cita rasa kopi yang kuat, Anda bisa memilih biji kopi yang di-roasting dengan level ini. After taste yang dihasilkan adalah adanya aroma buah.

Pada level medium roasting, kopi yang dihasilkan dari level roasting ini akan sedikit lebih tanned dibandingkan light roast. Bisa dibilang, metode ini cukup populer digunakan, karena rasa, aroma, dan tingkat keasaman yang dihasilkan cenderung seimbang.

Untuk level dark roast, metode ini menghasilkan body lebih heavy dan lebih intens pada kopi. Buat Anda yang cenderung menyukai rasa kopi yang kuat dan sedikit memiliki rasa rempah, level roasting ini cocok Anda pilih. Karena kombinasi pahit dengan manis dalam seduhan kopi level ini sangat nikmat.

2. Pahami Metode Brewing Kopi

Setelah memahami level roasting pada kopi, Anda juga harus pahami metode brewing-nya. Terdapat banyak sekali metode brewing yang dapat Anda coba, di antaranya, seperti V60, Aeropress, french press, Tubruk, dan Cold Brew. Kelima metode tersebut memiliki perbedaan, mulai dari waktu hingga cita rasa yang ditonjolkan.

Metode brewing kopi pertama adalah V60. Anda bisa dengan mudah menyeduh bubuk kopi yang diletakan pada alat berbentuk seperti cone atau corong dengan bantuan kertas saring khusus. Tidak lebih dari 5 menit anda bisa menghasilkan kopi yang bebas ampas serta menonjolkan karakter dari biji kopi yang digunakan.

Yang kedua adalah Aeropress. Aeropress merupakan alat berbentuk tabung plastik dengan tiga bagian dasar, yakni keranjang untuk bubuk kopi, tabung untuk air panas, serta tuas tekan. Anda bisa menghasilkan kopi yang lebih manis, lembut, dan ringan hanya dalam waktu 1-3 menit saja.

Yang ketiga adalah French Press. Metode ini akan menghasilkan cita rasa kopi yang lebih kaya, lembut, dan sedikit oily. Buat Anda yang suka dengan aroma dan rasa kopi yang strong, metode French Press menjadi pilihan tepat.

Lalu ada metode brewing kopi ala tubruk. Ini merupakan salah satu metode yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Dalam waktu 5 menit dan cukup dengan menyeduhnya dengan air panas, Anda sudah bisa merasakan cita rasa kopi yang kompleks dan kuat.

Dan yang terakhir adalah Cold Brew. Jika Anda ingin membuat kopi dengan metoda satu ini, Anda membutuhkan bubuk kopi, saringan tipis, serta toples kedap udara. Tapi, waktu yang dibutuhkan cukup lama agar bubuk kopi terekstraksi, sekitar 12 jam! Namun, jika Anda ingin menikmati kopi dengan keasaman kopi yang sangat tipis, metode ini cocok dilakukan.

Nah jika sudah memahami dua hal tersebut, kopi bubuk STARBUCKS® Coffee at Home Roast & Ground adalah pilihan yang tepat untuk membuat kopi berkualitas cafe di rumah. Terbuat dari 100% kopi arabika, STARBUCKS® Coffee at Home Roast & Ground memiliki berbagai tingkat pemanggangan untuk Anda coba, sesuai dengan selera Anda.

Mulai dari Veranda Blend yang memiliki tingkat pemanggangan rendah (light roast), sehingga menghasilkan rasa kopi yang lembut. Salah satu cita rasa yang ditawarkan kopi ini adalah rasa cokelat yang berpadu dengan sensasi rasa kacang. Ketika diseduh, kopi ini terasa ringan dengan tingkat keasaman yang medium, serta lembut di lidah.

Lalu, House Blend yang memiliki tingkat pemanggangan sedang. Ketika diseduh, kopi ini menjadi kaya akan rasa kacang-kacangan serta kakao yang seimbang. Kopi pun memiliki sentuhan rasa manis dari pemanggangan.

Dan ada Caffe Verona yang memiliki tingkat pemanggangan tinggi. Kopi yang dihasilkan varian ini penuh dengan rasa roasty sweet dengan sentuhan kakao pada tiap takar menjadikan kopi Starbucks Caffe Verona dapat menghasilkan secangkir kopi yang bold dan kaya rasa.

Ketiga produk STARBUCKS® Coffee At Home Roast & Ground hadir dalam kemasan 200g. Dan sekarang Anda bisa #MakeItYoursAtHome kopi favorit Starbucks-mu sendiri! So, langsung saja dapatkan STARBUCKS® Coffee At Home Roast & Ground di supermarket premium terdekat, serta di official store platform e-commerce Tokopedia.

baca juga : Gerai Starbucks Berbahasa Isyarat Pertama di Indonesia

    Exit mobile version