Ketahui 10 Kebiasaan yang Bisa Bikin Gemuk

“Banyak faktor yang melatarbelakangi naiknya berat badan dan kegemukan. Salah satunya adalah melakukan kebiasaan tidak sehat, seperti tidak fokus saat makan, kurang tidur, tidak ada waktu bersantai, kurang minum air putih, gemar makan sembarangan, dan lain-lain.”

Jakarta – Jika masih mengalami kenaikan berat badan meski sudah berolahraga teratur, bisa jadi ada kebiasaan buruk yang sering kamu jalani. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bikin gemuk, tetapi kerap dilakukan banyak orang, sehingga membuat lemak tubuh jadi menumpuk:

1. Tidak Fokus saat Makan

Makan sembari menonton televisi akan membuat porsi makan jadi lebih banyak. Studi dalam jurnal Eating attentively: a systematic review and meta-analysis of the effect of food intake memory and awareness on eating, menemukan bahwa orang makan lebih banyak ketika waktu makan mereka terganggu.

Baca Juga : 7 Kebiasaan yang Akan Membuat Anda Kelihatan 10 Tahun Lebih Tua. Sering Melakukannya?

2. Mengonsumsi Camilan Tidak Sehat

Kebiasaan yang bikin gemuk selanjutnya adalah mengonsumsi camilan tidak sehat. Camilan biasanya mengandung tinggi garam, kalori, dan gula, yang dapat memicu penumpukan lemak tubuh. Alih-alih mengonsumsi snacks yang belum jelas kandungannya, sebaiknya konsumsi buah-buahan sebagai camilan.

3. Tidak Punya Waktu untuk Bersantai

Melansir dari jurnal Chronic stress increases vulnerability to diet-related abdominal fat, oxidative stress, and metabolic risk, stres terus-menerus berkaitan erat dengan penumpukan lemak perut. Stres sering dikaitkan dengan kurangnya waktu bersantai akibat kerjaan yang menumpuk.

4. Kurang Minum Air Putih

Kebiasaan yang bikin gemuk selanjutnya adalah kurang asupan air putih. Padahal, minum air putih yang cukup dapat membuat kamu terlihat lebih muda dan sehat. Selain itu, sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik. Jika kurang menyukai air putih, kamu bisa mengonsumsi jus buah tanpa tambahan gula.

5. Tidak Mencukupi Waktu Tidur

Seseorang yang tidur kurang dari 5 jam per malam memiliki risiko kenaikan berat badan lebih tinggi ketimbang orang yang tidur 7 jam atau lebih. Mereka bisa saha mengembangkan lemak perut, karena saat kesulitan tidur orang cenderung mengonsumsi makanan manis.

6. Asal Mengonsumsi Makanan

Kebiasaan yang bikin gemuk ini terjadi ketika kamu dalam keadaan lapar. Seseorang yang lapar cenderung mengonsumsi apa pun tanpa melihat kandungan dalam makanan tersebut. Bukan hanya meningkatkan risiko kegemukan saja, makanan tidak sehat juga membuat kamu berisiko terkena diabetes dan kolesterol.

7. Minuman yang Mengandung Kalori Tinggi

Kebiasaan yang bikin gemuk selanjutnya adalah mengonsumsi minuman dengan tinggi kalori, termasuk soda dan minuman beralkohol. Selain itu, kamu juga perlu menghindari kopi blended, karena biasanya sudah ditambah whip cream yang mengandung tinggi lemak.

8. Melewatkan Sarapan Pagi

Melewatkan waktu sarapan jadi kebiasaan yang bikin gemuk. Pasalnya, melewatkan sarapan dapat memengaruhi sistem metabolisme tubuh. Selain itu, melewatkan sarapan berisiko membuat seseorang menjadi makan berlebihan di siang hari karena menahan lapar terlalu lama.

9. Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan yang bikin gemuk selanjutnya adalah makan terlalu cepat. Padahal, tubuh membutuhkan waktu untuk memberitahu otak bahwa perut sudah kenyang. Jika kamu memiliki kebiasaan ini, sebaiknya ubah secara perlahan dengan mengunyah lebih banyak dan menggigit dalam bagian kecil.

10. Duduk Terlalu Lama

Terakhir, duduk terlalu lama jadi salah satu kebiasaan yang bikin gemuk. Selain berisiko mengalami kelebihan berat badan, duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kronis dan kematian dini. Untuk mencegah penumpukan lemak, cobalah berolahraga sebelum bekerja atau lakukan peregangan di sela-sela pekerjaan.

    Exit mobile version