Fakta Unik Kota Bogor Yang Kamu Belum Ketahui

Bogor dikenal punyai sejumlah destinasi yang menarik. Sebagai kota penyangga Jakarta, Bogor konsisten berkembang secara signifikan. Setiap pekan, kota kecil ini dipadati wisatawan, terlebih dari Jakarta dan sekitarnya. Fakta Unik dari Kota Bogor dikenal sebagai wilayah yang punyai banyak pilihan daerah wisata udah diketahui banyak orang. Selain itu, Bogor termasuk menjadi daerah mutlak sejak zaman Belanda sebagai penghubung dengan Batavia atau Jakarta hingga kala ini.

Fakta Unik Tentang Kota Bogor

Namun bukan soal lebih dari satu perihal itu saja, ada banyak fakta unik Bogor yang menarik untuk dibahas dan kudu diketahui oleh banyak orang. Berikut ini adalah penjelasannya :

Asal dan Arti Nama Kota Bogor

Pada keliru satu sumber menyatakan makna kata Bogor dihubungkan dengan pohon enau (aren). Jika diartikan enau dalam bahasa Sunda adalah pohon kawung. Bogor punyai makna pohon-pohon aren udah mati. Dari sebuah cerita peristiwa termasuk dikisahkan terhadap zaman Belanda, seorang gubernur jenderal membakar hutan dan di antaranya terkandung pohon kawung. Sehingga, Bogor diartikan pohon enau yang terbakar.

Memiliki Istana Kepresidenan Di Bogor

Tahukah kamu, Istana Bogor dan Istana Merdeka yang terkandung di Ibukota Jakarta dibangun berhadap-hadapan. Meskipun, jaraknya 50 km jika ditarik garis dengan Istana Merdeka. Istana Kepresidenan Bogor digunakan oleh Pemerintah Indonesia sejak bulan Januari 1950, di sana pula menjadi daerah tinggal Presiden.  Awalnya merupakan daerah peristirahatan terhadap zaman Belanda.

Bogor Kota Hutan

Banyak orang Indonesia yang mengenal Bogor adalah kota hujan. Hal itu disebabkan curah hujan selama setahun lebih tinggi dibandingkan wilayah lain di Indonesia.  Jika dihitung curah hujan rata 3.500 hingga 4.000 milimeter per tahun. Curah hujan itu terbujuk wilayah hutan yang lebih luas,  keliru satunya Kebun Raya Bogor. Curah hujan berlangsung gara-gara pembentukan awan dalam proses hidrologi.

Bogor termasuk Dikenal Kota Petir

Kota Bogor yang punyai curah hujan yang tinggi dalam th. sering diiringi petir yang menggelegar. Sehingga membuat Bogor dikenal sebagai kota petir. Bahkan BMKG menyebutkan jumlah petir di Bogor dan Depok termasuk tertinggi di Indonesia. Setidaknya pernah berlangsung kira-kira 700 ribu sambaran petir per th. terhadap th. 2016.

Fakta Unik Bogor Dikenal Sebagai Kota Angkot

Kota Bogor dikenal banyak sekali punyai angkutan kota (angkot) agar disebut kota sejuta angkot, gara-gara enteng sekali mendapatkan angkot di tiap tiap jalan. Data dari Dinas Lalu Lintas Angkutan jalan (DLLAJ) Kota Bogor, ada kira-kira 3.412 kendaraan yang terdiri dari 23 trayek. Namun seiring kala tampaknya bakal berubah, gara-gara ada transportasi online dan bakal dialihkan dengan angkutan bis.

Bogor Sebagai Tempat Penelitian

Bogor adalah kota pusat pendidikan dan penelitian pertanian di Indonesia, terkandung banyak instansi dan balai penelitian yang udah ada sejak jaman sebelum saat kemerdekaan. Salah satunya dengan ada Institut Pertanian Bogor. Selain itu, menjadi daerah penelitian tumbuhan dengan ada Kebun Raya yang menjadi instansi konservasi exsitu. Mahasiswa dan peneliti sanggup laksanakan penelitian di Kebun Raya Bogor.

Dikenal dengan Buitenzorg

Pada zaman kekuasaan Belanda, Kota Bogor dikenal sebagai Buitenzorg artinya ‘tanpa kecemasan’ atau ‘aman tentram’. Hal itu didasarkan Kota Bogor yang dikenal menjadi daerah peristrahatan dan terhadap jaman saat ini adalah daerah wisata.

Ada Hotel Tertua di Bogor

Di Bogor termasuk terkandung hotel tertua. Hotel Binnenhof merupakan satu diantaranya yang tertua dan konsisten beroperasi. Pembangunannya dilakukan terhadap th. 1856. Seiring perkembangan zaman, nama pernah diganti menjadi Hotel Dibbets dan berubah kala ini menjadi Hotel Salak the Heritage.

Fakta Kota Bogor Menjadi Bagian Pembangunan Jalan Raya Pos

Bogor adalah bagian proyek pembangunan Jalan Raya Pos atau De Groete Post Weg . Pembangunan yang diprakarsai Gubernur Jenderal Belanda Daendels th. 1808. Jalan yang membentang terhadap jalan pantai utara Jawa dari Anyer hingga Panarukan. Ruas jalan Bogor yang merupakan Jalan Raya Pos adalah Jalan Ahmad Yani,  Jalan Sudirman, Jalan Ir. H. Juanda, dan Jalan Suryakencana.

    Exit mobile version