6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Purwakarta untuk Healing di Liburan Akhir Tahun 2022

Purwakarta bisa jadi alternatif destinasi wisata yang ideal untuk habiskan liburan akhir tahun 2022. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta dan mudah dikunjungi menggunakan mobil dan kereta.

Dari Jakarta, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh selama dua jam dengan menggunakan tol layang Sheikh Mohammed Bin Zayed dan tol Jakarta ā€“ Cikampek. Wisatawan pun dapat menggunakan kereta jalur selatan dengan waktu dua hingga tiga jam.

Purwakarta memiliki banyak objek wisata yang dekat dengan alam, cocok untuk melepas penat dari keriuhan di kota atau bahasa anak sekarang adalah healing. Apa saja destinasi yang bisa dikunjungi? Berikut adalah enam rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sasak Panyawangan

Sasak Panyawangan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menyuguhkan paronama pegunungan. Tempat ini diapit oleh dua gunung sekaligus, yaitu Gunung Bongkok dan Gunung Parang.

Kedua gunung ini tentunya menjadi nilai tambah panorama alam dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang dikunjungi selanjutnya. Dalam video TikTok @denystandiawan terlihat jembatan bambu yang menyambungkan kedua gunung tersebut dan bisa dijadikan salah satu pilhan spot foto.

Melansir dari situs pariwisata Purwakarta pada Rabu, 21 Desember 2022, tempat ini memiliki fasilitas untuk outbound, sejumlah wahana seperti jembatan bambu, flying fox terpanjang se-Jawa Barat, dan kolam renang. Kolam renang Sasak Panyawangan terdiri dari kolam renang besar dan kolam renang kecil.

Anda bersama keluarga juga bisa menginap di tempat ini. Tetapi jika hanya untuk kunjungan sehari, biaya tiket masuk yang harus dibayar hanya Rp15 ribu saja.

2. Curug Cipurut

Terkenal dengan wisata airnya, Purwakarta memiliki banyak curug. Salah satunya Curug Cipurut yang terletak di Gunung Burangrang, Wanayasa, Jawa Barat. Melansir dari akun TikTok @infopurwakarta.id, untuk masuk ke curug ini, Anda hanya perlu membayar Rp5 ribu saja.

Anda dapat menikmati pemandangan air terjun dan bisa berenang langsung di Curug Cipurut. Dalam video TikTok tersebut dikatakan bahwa curug ini merupakan bagian wisata dari Gunung Burangrang.

Anda memerlukan waktu kurang lebih satu jam dari Kecamatan Wanayasa untuk mencapai tempat ini. Untuk yang Anda ingin berkemah bisa memanfaatkan camping ground yang sudah disediakan. Anda juga perlu berhati-hati dengan trek yang licin, sehingga diwajibkan menggunakan sepatu atau sandal gunung.

3. Taman Batu Purwakarta

Masih di sekitar kawasan Gunung Burangrang, di bawah kaki gunung terdapat wisata Taman Batu Purwakarta yang memanjakan mata. Anda memerlukan waktu kurang lebih satu jam dengan jarak tempuh 19,8 km dari pusat kota.

Tempat ini merupakan pemandian air dingin yang berasal langsung dari air mata pegunungan. Anda perlu membayar Rp20 ribu untuk tiket masuk dan jam buka dari pukul 08.00 ā€“ 17.00 WIB setiap harinya.

Melansir dari akun Instagram @tamanbatu.pwk, jika ingin menginap, Anda juga bisa menyewa saung seharga Rp300 ribu per malam lengkap dengan tirai, karpet, dan fasilitas kamar lainnya. Namun, para pengunjung bisa menggunakan kamar mandi umum yang berada di belakang saung persis.

Apabila ingin menginap bersama keluarga atau teman-teman, Anda bisa menyewa rumah yang disediakan dengan harga Rp500 ribu per malam. Fasilitas yang disediakan sudah lengkap, termasuk kamar mandi dalam.

Penginapan ini berada di luar kawasan Taman Batu dan membutuhkan jarak 300 meter untuk berjalan kaki. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas berkemah seharga Rp30 ribu per orang tidak termasuk tenda dan fasilitas kemah lain.

4. Hidden Valley Hills

Saat menempuh perjalanan jauh, tentunya Anda butuh tempat untuk istirahat atau staycation. Hidden Valley Hills cocok untuk menikmati istirahat Anda sambil melihat pemandangan hijau khas Purwakarta.

Tempat ini terbilang jauh, membutuhkan waktu tempuh dua jam dengan mobil. Tetapi ketika sampai di tempat, lelah Anda akan terbayarkan. Melansir situs Hidden Valles Hills Purwakarta, untuk menginap di hotel ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp600 ribu per malam untuk kamar standar dan Rp3 juta untuk kamar Suite.

Hotel ini dibuat berdasarkan sejarah, yaitu ditemukannya prasasti Telapak Kaki Kuda Terbang Sembrani di sekitar kawasan Desa Cianting dan Cibodas yang akhirnya menjadi tempat bangunan ini berada. Selain itu, Hidden Valley Hills memiliki ikon tujuh pilar legenda purba yang terinspirasi dari tugu Belanda 1898.

Terdapat gazebo warna putih ala Eropa yang bisa dibuat menjadi pilihan spot foto. Beragam aktivitas lain juga dapat dinikmati, di antaranya adalah gathering, meeting, yoga, hingga foto prewedding.

Salah satu akun TikTok @antonthedy_official pernah mengunggah hotel ini dan dibalas lewat kolom komentar oleh salah satu penonton, ā€œgw udah pernah nginep disana.. enak banget, nyaman, tenang n jauh dari bising.”

5. Gunung Lembu

Gunung Lembu seringkali dipilih untuk para wisatawan yang ingin mendaki gunung sebagai pemula karena trek yang digunakan tidak ekstrim. Gunung ini berlokasi di Dukuh Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Dalam video TikTok @infopwk.id Anda bisa menikmati pemandangan Purwakarta, salah satunya adalah Waduk Jatiluhur dengan ketinggian 792 mdpl.

Melansir dari situs Pariwisata Purwakarta, dinamakan Gunung Lembu karena terdapat sebuah batu besar yang dijuluki dengan batu lembu sebagai puncak. Saat petang, wisatawan dapat melihat kerlip lampu-lampu di Kota Purwakarta. Untuk menuju gunung ini membutuhkan waktu satu jam hingga satu setengah jam dari pusat Kabupaten Purwakarta. Tiket masuknya hanya Rp5 ribu.

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Bergeser sedikit ke arah Kabupaten Purwakarta yang memiliki destinasi wisata lain, yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga. Setelah ditutup lama, Juli 2022 lalu taman air mancur kembali dibuka.

Air mancur setinggi enam meter ini nantinya akan tampil seolah-olah menari di antara sorotan lampu warna-warni. Wisata ini mulai dibuka pukul 19.30 ā€“ 20.30 WIB. Melansir dari Instagram @infopurwakarta.id bahwa taman air ini akan dibuka pada 31 Desember 2022 secara gratis untuk menyambut malam tahun baru. Taman yang berlokasi di Jalan K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Purwakarta ini hanya butuh waktu 10 menit saja setelah sampai Kabupaten Purwakarta.

 

 

Baca Juga: