6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Kamboja yang Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi wisata di Kamboja – Kamboja memiliki cerita sejarah yang panjang dan menarik. Dulunya, tanah Kamboja merupakan rumah bagi Kerajaan Khmer, salah satu kerajaan paling maju, kaya, dan berkuasa di Asia Tenggara. Namun, negara tetangga ASEAN kita ini juga telah melalui sejarah yang kelam di era berkuasanya Khmer Rouge dan perang saudara yang terjadi setelahnya. Cerita sejarah yang menarik dari Kamboja inilah yang memikat perhatian banyak turis internasional.

Dari reruntuhan kuil hingga pantai pasir putih yang terdapat di pesisir, Kamboja memang memiliki daya pikat yang unik. Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata di Kamboja yang wajib kamu kunjungi.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Terindah di Asia, Salah Satunya Raja Ampat

Destinasi Wisata Kamboja

1. Angkor Wat

Rekomendasi destinasi wisata di Kamboja tentunya kita mulai dengan Angkor Wat, situs keagamaan terbesar di dunia dan merupakan saksi bisu dari kejayaan Kerajaan Khmer pada masanya. Angkor Wat adalah reruntuhan kuil dan kompleks perkotaan yang dibangun dari abad ke-8 hingga ke-14. Dengan luas sekitar 163 hektar, biasanya pengunjung membutuhkan sekitar 3 hari untuk mengeksplor kompleks reruntuhan ini.

Bila kamu tidak memiliki banyak waktu, salah satu spot dalam kompleks destinasi wisata Kamboja ini yang harus kamu lihat adalah Ta Prohm, kuil yang diselimuti dengan akar pohon besar yang sempat mendunia karena menjadi lokasi setting film Tomb Raider. Selain itu, ada juga Kuil Bayon yang terkenal dengan 216 ukiran muka.

2. Phnom Penh

Ibu kota negara Kamboja menyimpan sejarah yang kelam. Kota ini sempat direbut oleh Khmer Rouge, lalu penduduknya dipaksa untuk keluar dari kota untuk menjadi petani atau buruh kasar. Setiap orang yang disangka sebagai kaum intelektual atau oposisi politik dibantai. Walau sempat kosong dan terbengkalai selama kekuasaan Khmer Rouge, Phnom Penh kini sudah berkembang dan menjadi salah satu kota Asia Tenggara yang paling menarik.

Di Phnom Penh, ada beberapa destinasi wisata yang tak dapat kamu lewatkan:

National Museum of Cambodia
Di National Museum of Cambodia, kamu dapat melihat sejarah Kamboja dari zaman sebelum era Kerajaan Khmer hingga masa berjayanya Angkor.

Tuol Sleng Museum
Tuol Sleng Museum dulunya adalah sebuah sekolah SMA Tuol Sleng yang dijadikan penjara dan tempat penyiksaan oleh Khmer Rouge.

Choeung Ek (Killing Fields)
Tak jauh dari Tuol Sleng, adalah Choeueng Ek atau sering disebut sebagai Killing Fields. Di tempat inilah para tahanan penjara Tuol Sleng dibawa dan dibunuh, lalu dikubur di areal Choeung Ek.

Royal Palace of Cambodia
Istana Kerajaan Kamboja memperlihatkan gaya arsitektur tradisional khas Kamboja dan sudah dibangun dari akhir abad ke-18. Hingga sekarang pun, raja Kamboja masih menyambut tamu kenegaraan di istana ini.

Tak jauh dari Royal Palace of Cambodia adalah Silver Pagoda, yang menyimpan semua harta nasional Kamboja, salah satunya adalah patung Buddha besar yang dihiasi dengan 9.584 berlian. Sayangnya, pada masa perang saudara Kamboja, kebanyakan dari berlian ini sudah dicuri. Silver Pagoda dinamakan sedemikian rupa karena lantai bangunan ini dilapisi dengan perak.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Di Pattaya, Bukan Sekedar Party City

3. Sihanoukville

Sihanoukville atau Kampong Som adalah destinasi wisata pantai di Kamboja yang paling populer, baik di kalangan turis lokal maupun internasional. Untuk mencapai Sihanoukville, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Phnom Penh.

Ada beberapa pantai yang memang sudah menjadi spot turis di Sihanoukville, setiap pantai pun juga memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Beberapa diantaranya adalah Sokha Beach dan Independence Beach, yang kini sudah banyak dibangun resor mewah. Sedangkan 2 pantai lainnya yang cukup terkenal adalah Serendipity Beach dan Ochheuteal Beach yang lebih terkenal sebagai destinasi backpacker. Bila kamu mencari pantai yang lebih sepi, Otres Beach di Sihanoukville bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Prasat Preah Vihear

Prasat Preah Vihear adalah reruntuhan kuil hindu yang terletak puncak jurang dekat dengan perbatasan Kamboja dan Thailand. Destinasi wisata Kamboja yang merupakan salah satu situs UNESCO World Heritage ini sudah menjadi tempat peziarahan yang penting selama ribuan tahun lamanya.

Dari dulu, Prasat Preah Vihear bahkan menjadi sumber konflik antara Thailand dan Kamboja. Dulunya area ini memang diserang dan dikuasai oleh Kerajaan Siam walau akhirnya dikembalikan ke Kamboja di 1907. Mahkamah Internasional memutuskan area ini adalah teritori Kamboja di tahun 2013.

5. Battambang

Battambang adalah kota terbesar Kamboja yang ke-2 dan merupakan salah satu destinasi wisata di Kamboja yang populer karena dekat dengan reruntuhan kuil yang cukup menarik. Banyak bangunan disini juga memiliki fasad arsitektur kolonial Prancis. Saat ini pemerintahan Kamboja sedang menominasikan Battambang menjadi salah satu daftar UNESCO World Heritage site. Beberapa kuil dekat Battambang yang paling terkenal adalah Phnom Banan, Phnom Sampeau, dan Wat Ek Phnom.

6. Banteay Chhmar

Banteay Chhmar adalah kompleks reruntuhan kuil terbesar ke-2 setelah Angkor Wat. Lokasi destinasi wisata Kamboja yang ini terletak sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Siem Reap. Dibangun di sekitar abad ke-12 oleh Raja Jayavarman VII, Banteay Chhmar memperlihatkan kejayaan kebudayaan Khmer di masa lampau lewat berbagai relief batu yang diukir dengan presisi dan menceritakan cerita peperangan dan kemenangan Kerajaan Khmer, hingga aktivitas keseharian penduduk Khmer.

Selain dari Angkor Wat yang menakjubkan, wisata di Kamboja tidak melulu tentang reruntuhan kuil. Pantai dengan pasir putih, dan kota-kota dengan keindahan arsitektur zaman kolonial yang menyimpan cerita sejarah pun bisa kamu temukan di Kamboja, menjadikannya salah satu destinasi wisata yang tidak dapat kamu lewatkan.

    Exit mobile version